Pemodelan Geologi Penyebaran Ketebalan Batubara dan Perhitungan Sumberdaya Batubara Pada Tambang SBJ Di PT. Bukit Asam Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Silvie Farahdila, Budhi Setiawan

Abstract


Batubara termasuk ke dalam pada dari bahan galian berupa energi terindikasi di Indonesia dan yang berpotensi sangat besar, diketahui pada salah satunya berada di Pulau Sumatera seperti PT. Bukit Asam (PTBA). Berdasarkan hasil pemodelan geologi dengan menggunakan aplikasi MineScape dapat diketahui estimasi sumberdaya batubara dengan menggunakan metode polygon. Dengan mengukur ketebalan batubara dari awal hingga akhir, dapat ditentukan nilai sumber daya tersebut. Pada pengambilan data di lapangan menggunakan metode measuring section dimana mengambil ketebalan batubara seam a1 dan seam a2, data kedudukan, data slope, dan data pendukung lainnya. Well logging adalah pengukuran pada sumur bor dan perekaman atau yang dilakukan dalam memperlihatkan karakteristik dari suatu batuan. Log kepadatan, sinar gamma, dan kaliper semuanya digunakan untuk menentukan ketebalan dan bagian batubara. Ketebalan rata-rata pada well logging seam A1 dan A2 berkisar 8.24-11.68 m. Berdasarkan SNI 5015 – 2011, kondisi geologi yang dikaji dari aspek tektonik, proses sedimentasi, dan variasi kualitas termasuk ke kondisi geologi sederhana. Setelah dimodelkan geologi didapatkan estimasi sumberdaya batubara menggunakan Metode Polygon, estimasi sumberdaya batubara seam A1 adalah 1.795.725,52 ton dan seam A2 adalah 8.173.539,78 ton. Total sumberdaya batubara secara keseluruhan adalah 9.969.265,3 ton.


Full Text:

PDF

References


BP. (2019). BP Statistical Review of World Energy.

B. Sardi. I.Uno dkk. (2023). Low rank coal for fuel production via microwave-assisted pyrolysis: A review. FirePhysChem.

B. Sardi. H. Rachmawati dkk. (2023). Advanced bio-oil production from a mixture of microalgae and low rank coal using microwave assisted pyrolysis. Bioresource Technology Reports, vol.21.

B.G.Miller. (2010). Clean coal engineering technology. Elsevier.

M. Arif dkk. (2019). Tinjauan Karakteristik Batubara Asal Sulawesi Tengah Dan Pengaruhnya Dalam Proses Konversi Menjadi Bahan Bakar Cair. Jurnal Geomine vol.7 no.2, 133-145.

Nathanael, G. (2020). Kerjasama Luar Negeri Indonesia dan China: Studi Kasus Ekspor Batubara. Jurnal Mandala Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 203-219.

Sugiharto, A. (2020). Perhitungan Efisiensi Boiler Dengan Metode Secara Langsung pada Boiler Pipa Api. Majalah Ilmiah Swara Patra, 51-57.

Julkipli, J., Siregar, S.S. dan Sota, I. (2015), "Interpretasi Sebaran Batubara Berdasarkan Data Well Logging di Daerah Blok X Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru", Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, Vol.12, No.1, hal. 43–53. http://doi.org/-10.20527/flux.v12i1.1304.

Susanto, H. (2011), Geologi Dan Karakteristik Well Logging Untuk Penentuan Derajat Batubara Daerah Tanjung Dalam Dan Sekitarnya, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Tesis, UPN “VETERAN,†Yogyakarta. Diambil dari http://eprints.upnyk.ac.id/-3167/.

Setiahadiwibowo, A, P., (2016), Analisis Karakteristik Batubara Berdasarkan Rekaman Well Logging di Daerah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. UPN “Veteran†Yogyakarta.

Iswati, Y. (2012), Analisis Core dan Defleksi Log Untuk Mengetahui Lingkungan Pengendapan dan Menentukan Cadangan Batubara di Banko Barat Pit 1, Sumatera Selatan. Universitas Lampung.

Pameramba, H. (2017), Identifikasi Penyebaran dan Analisis Stripping Ratio Mining Batubara dengan Menggunakan Data Geofisika Logging Pada Lapangan “DK†di Daerah Lahat, Sumatera Selatan. Universitas Lampung.

SNI 5015, B. A. (2019). Klasifikasi Sumberdaya dan Cadangan Batubara. SNI 5015 BSN.

Prayoga, K.2020. Pemodelan dan Estimasi Sumberdaya Batubara Daerah Darmo dan Sekitarnya, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Palembang, Sumatera Selatan.

Erihartanti., Siregar, S., S., dan Sota, I. (2015), Estimasi Sumberdaya Batubara Berdasarkan Data Well Logging dengan Metode Cross Section di PT. Telen Orbit Prima Desa Buhut Kab. Kapuas Kalimantan Tengah. Universitas Lambung Mangkurat.

Darmadi, D. (2015), Analisis Data Well Logging Untuk Rekonstruksi LingkunganPengendapan Batubara Daerah Pangandonan, Sumatera Selatan. Universitas Lampung.

Shell, M., 1978. Geological Map of The South Sumatra Coal Province.

BPB manual, 1981. British Petoleum Book, British company, United Kingdom.

Jeremic, M.L., 1985, Strata Mechanics in Coal Mining, A.A. Balkema Rotterdam.

Hartman, H, L. 1992. SME Mining Engineering Handbook 2nd Edition Volume 1. Society for Mining, Metallurgy and Exploration: Colorado.

R. G. Walker, Facies Models Response to Sea Level Change,Geological Association of Canada, Canada, 1992




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v25i3.866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats