Karakteristik Granitoid Daerah Gunung Batu Kecamatan Pu-lau Beringin Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Su-matera Selatan

Sidiq Anugra, Endang Wiwik Dyah Hastuti

Abstract


Penelitian dilakukan di Daerah Gunung Batu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten Oku Selatan, Sumatera Selatan Pada Formasi Granodiorit. Batuan beku pada daerah penelitian memiliki persebaran yang cukup luas dan memiliki karakteristik yang khas dan menarik baik secara megaskopis maupun secara mikroskopis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, komposisi mineral dan jenis batuan beku pada daerah penelitian. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi langsung dipermukaan dan analisa petrografi. Pada observasi dilapangan secara megaskopis didapatkan 2 jenis batuan yaitu granit dan granodiorit hal tersebut berdasarkan warna dan komposisi mineral yang hadir. Hasil analisa petrografi didapatkan nama batuan berupa quartz syenit, syenogranit dan granodiorit. Pada quatz syenit didominasi oleh mineral alkali feldspar serta plagioklas jenis andesinesedikit kuarsa biotit muskovit dan serta mineral sekunder serisit dan klorit dengan tekstur khusus berupa graphic. Selanjutnya syenogranit didominasi oleh mineral alkali feldspar dan kuarsa dan terdapat juga mineral plagioklas jenis andesine, biotit, dan serisit dengan tekstur khusus berupa myrmekitic. Dan terakhir granodiorit dengan komposisi kaya akan palgioklas jenis oligoklas, dan terdapat juga mineral lainnya seperti alkali fedspar, kuarsa biotit, muskovit, serisit dan klorit dengan tektstur khusus berupa zoning.


Full Text:

PDF

References


S. Gafoer, T. C. Amin and R. Pardede, Peta Geologi Lembar Baturaja Skala 1 : 250.000, Sumatera: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, 1993.

E. L. Advokat , M. M. Bonger, A. Rudyawan , F. BouDagher, K. M, C. G. Langereis, H. Van and J. J. D, "Early Cretaceous origin of the Woyla Arc, Sumatra, Indonesian on the Australian Plate," Earth and Planetary Scoence Letters, vol. 498, pp. 348-361, 2018.

R. GIll, Igneous Rock And Processes : A Practical Guide, WIley Blackwell: We Sussex, 2010.

A. L. Streckeisen, "The IUGS Systematic of Igneous Rocks," Jurna; of The Geological Society, London, 1976.

W. Widyaatmanti and dkk, "Identification of Topograhic Element Composition Based on London Boundaries From Radar Interferomenty Segmentation (Preliminary Study on Digital Landfrom Mapping)," Earth and Enviromental Science, vol. IOP Conference Series, 2016.

R. J. Hugget, "Fundamentals of Geomorphology," Routledge Fundamentals of Physical Geography, vol. Forth Edittion Penyunt, 2017.

N. L. Bowen, The Evolution of The Igneous Rocks, New Jersey: Pricenton University, 1930.

A. G. Reyes, "Petrology of Philippine Gheotermal System and The Application of Vulcanology and Geothermal Research," Journal Vulcanology and Geothermal Research , vol. 43, pp. 279-309, 1990.




DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v25i3.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats