Analisis Kadar Garam, Kadar Formalin Dan Angka Lempeng Total Bakteri Pada Ikan Asin Yang Beredar Di Ciputat Tangerang Selatan

Nita Rosita

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang analisis kadar garam, kadar formalin dan angka lempeng total bakteri Pada ikan Asin Yang Beredar Di Ciputat Tangerang Selatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kadar garam, kadar formalin dan angka lempeng total bakteri pada ikan asin kemudian dibandingkan dengan standar mutu ikan asin. Teknik pengambilan sampel secara acak dan Populasi dalam penelitian ini adalah berbagai macam ikan asin yang dijual di Ciputat Tangerang Selatan. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 15 sampel. Hasil pengujian kadar garam pada ikan asin berkisar 7,35-15,05% dan masih di bawah baku mutu yang ditetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI 8273:2016) sebesar 20%. Hasil pengujian formalin menunjukkan 9 sampel (60%) mengandung formaldehida berkisar 0-2 mg/L, hal ini tidak sesuai dengan PERMENKES No. 033 Tahun 2012 tentang formalin dilarang digunakan untuk pengawet makanan. Sedangkan angka lempeng total bakteri berkisar 1×101-3,8×103 CFU/g. Hal ini menunjukkan ikan asin yang beredar masih sesuai syarat SNI yaitu 1×105CFU/g. Hasil penelitian menunjukkan ikan asin yang beredar di Ciputat untuk kadar garam dan bakteri masih di bawah mutu yang ditetapkan. Sedangkan formalin masih ditemukan pada ikan asin.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56064/jps.v26i2.980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

  

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Sains (JPS) Published by UP2M, Faculty of Mathematic and Natural Science Sriwijaya University is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats